Selasa, 22 Agustus 2017

Pengertian Origami Beserta Sejarah dan Jenisnya

Artikel | moemoy

pengertian origami

Pengertian Origami Beserta Sejarah dan Jenisnya

Sebelum membuat origami alangkah baiknya mengenal apa itu seni melipat kertas? bagaimana sejarahnya? apakah ada jenisnya? dan apa manfaat belajar origami? kali ini saya akan menjelaskan semuanya, mari simak...


Pengertian Origami

Seni melipat kertas atau yang biasa kita kenal origami merupakan kesenian dari negeri matahari terbit dari bahasanya sudah terlihat bahwa seni ini dari Jepang. Origami terdiri dari dua kata yaitu Ori dan Kami, Ori berarti "lipat" sedangkan Kami berarti "kertas". Bahan dasar dari origami adalah kertas atau kain yang berbentuk persegi maupun persegi panjang. Keunikan dari seni origami adalah tidak boleh menggunakan alat bantu, untuk membentuknya kita hanya perlu melipat tapi bukan asal lipat yah. hehehe...


Sejarah Origami

Dari sumber yang saya baca tentang sejarah origami bahwa origami awalnya berasal dari Cina ketika itu kertas pertama kali diperkenalkan pada abad pertama (150 M) oleh Ts'ai Lun kemudian pada abad keenam (610 M) seorang Biksu Budha bernama Doncho (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang pada masa pemerintahan Kaisar Wanita Suiko untuk memperkenalkan pembuaatan kertas dan tinta berjalanya waktu origami dijadikan ritual upacara agama Shinto sebagai bahan persembahan kemuadia pada zaman showa pelopor origami modern Akira Yoshizawa telah membuat lebih dari 50.000 model origami dan telah melahirkan jenis origami.


Jenis-jenis Origami

Origami memiliki dua jenis yaitu model tradisional dan model modern.


1. Model Tradisional


Tsuru

Tsuru atau burung bangau merupakan model yang paling sering kita lihat dan menjadi subjek familiar dari origami.


Katashiro

Pada masa kuno origami ini digunakan sebagai ritual upacara agama Shinto dengan bentuk seperti Manusia yang merupakan representasi simbolik seorang Dewa.


2. Model Modern


Origami Pureland
origami pureland

Origami ini memiliki syarat unik yaitu tidak boleh menggunakan lem, gunting, cutter atau alat bantu lainnya dalam pembuatanya harus menggunakan keahlian melipat.


Origami Modular
origami modular

Origami Modular adalah origmai yang menggunakan teknik yang biasa digunakan untuk membangun beberapa model benda matematis. Setiap lebar kertas yang dibentuk dan kemudian disatukan agar menjadi bentuk yang lebih rumit.


Origami Wet folding
origami wet folding

Origami yang dikembangkan Akira Yoshizawa ini memiliki keunikan yaitu dalam teknik pembuatanya harus membasahi kertas terlebih dahulu supaya lentur sehingga mudah dibentuk.


Origami Action
origami action

Kebanyakan origami hanya bisa dinikmati keindahannya tapi tidak berlaku untuk origami action, origami ini bisa dimainkan dan digerakan


Kirigami
kirigami

Berbeda dengan jenis yang lain origmai ini dibuat dengan cara melipat dan memotong kertas (dalam bahasa Jepang kiru berarti "memotong" Kami berarti "kertas") bisa dikatakan Kirigami menggunakan alat bantu dalam tekniknya.


Origami Tessellations
origami tessellations

Origami Tessellations merupakan origami jenis baru teknik yang digunakan adalah saling menumpang tindih dan melakuakan perulangan sehingga hasil akhirnya akan nampak 3D.


Manfaat Belajar Origami

  1. Dengan mencoba jenis dan bentuk origami kamu akan belajar berlatih berkreativitas
  2. Origami memiliki banyak bentuk seperti hewan, tumbuhan, kendaraan, dll itu akan melatih imajinasi kamu
  3. Menimbulkan perasaan senang ketika origami yang kamu buat berhasil
  4. Belajar menemukan dan memecahkan solusi pada saat kamu membaca tahapan dan rangkaian dari origami
  5. Saat belajar origami kamu akan terbiasa mengikuti intruksi yang runtut
  6. Belajar origami bukan asal lipat di dalamnnya mengandung teori matematis jadi kamu akan lebih berpikir matematis
  7. Meningkatkan kemampuan kamu dalam berpikir logis
  8. Selain manfaat dalam proses pembuatanya manfaat lainnya adalah kamu akan tahu apa itu origami dan bagaimana sejarahnya

Sekarang kamu tahu kan apa itu origami, bagaimana sejarahnya, apa saja jenisnya, dan manfaat belajar origami, Selanjutnya kita akan blajar membuat origami tunggu tutorialnya yah!!!


EmoticonEmoticon