Sabtu, 28 Oktober 2017

Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras Beserta Jenis dan Fungsinya

Artikel | moemoy

kerajian dari bahan keras

Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras Beserta Jenis dan Fungsinya

Pada tutorial yang saya bahas kali ini tidak beda jauh dengan tutorial sebelumnya yaitu pengertian kerajinan dari bahan lunak beserta jenis dan fungsinya tidak usah panjang lebar yuk mari simak pengertian kerajinan dari bahan keras beserta jenis dan fungsinya.


Pengertian Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan dari bahan keras merupakan kerajian yang dalam proses pembuatanya menggunakan bahan yang bersifat keras dan harus menggunakan alat dan teknik tertentu untuk membentuknya.


Jenis Bahan Keras

Bahan keras dibedakan menjadi dua jenis yaitu bahan keras alami dan bahan keras buatan.

  1. Bahan Keras Alami merupakan bahan yang terolah secara alami tanpa tercampur dengan bahan kimia, Bahan keras alami mudah didapat karena keberadaanya ada disekitar alam kita yang bersifat keras, misalnya kayu, rotan, batu, kerang dan lainya.
  2. Bahan Keras Buatan merupakan bahan yang telah mengalami proses pengolahan ulang, berbeda dengan bahan lunak alami bahan lunak buatan cenderung diperjual belikan di toko-toko misalnya tembaga, besi, kaca, dan lainya.

Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Keras

Funsi produk kerajinan dari bahan keras dibedakan menjadi dua yaitu fungsi secara estetika (benda hias) dan fungsi secara ergonomis (benda pakai).

  1. Kerajian sebagai Benda Hias merupakan kerajian yang lebih mengutamakan nilai estetis dibanding nilai ergonomis, Kerajinan benda hias dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan.
  2. Kerajian sebagai Benda Pakai merupakan kerajian yang diciptakan lebih mengutamakan fungsi atau kegunaanya, Kerajinan benda pakai dibuat untuk memenuhi kebutuhan fungsi sebagai alat, wadah, senjata dan pelengkap pakaian.

Demikian penjelasan tentang pengertian kerajian dari bahan keras beserta jenis dan fungsinya untuk kekuranganya saya mohon maaf, Terimakasih semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu kunjungi moemoy temukan artikel dan tutorial menarik lainya.


EmoticonEmoticon