Jumat, 13 Oktober 2017

Pengertian Seni Rupa Beserta Unsur dan Macamnya

Artikel | moemoy

seni rupa

Pengertian Seni Rupa Beserta Unsur dan Macamnya

Seni sudah ada sejak dulu baik itu seni tari, seni musik, maupun seni rupa, zaman sekarang sudah ada dimana-mana dari pakaian yang kita kenakan, rumah, tempat ibadah, ibaratnya Hidup tanpa seni itu ibarat makan tanpa lauk gak enak. nah untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni rupa beserta unsur dan macamnya, mari simak...


Pengertian Seni Rupa

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Seni adalah karya yang diciptakan dengan keahlian luar biasa. Sedangkan Seni Rupa menurut Wikipedia adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.


Unsur-unsur Seni Rupa

Untuk Membangun sebuah karya seni rupa yang indah kita harus memperhatikan unsur-unsur seni rupa karena seni rupa merupakan ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui unsur-unsur, Berikut adalah unsur-unsur seni rupa.

  1. Titik: Merupakan unsur seni rupa yang paling dasar atau unsur yang terkecil dari titik akan tercipta unsur-unsur yang lain misalnya garis, bidang, dan lainya.
  2. Garis: Merupakan unsur seni rupa yang tercipta dari unsur titik yang saling terhubung, macam-macam garis diantaranya garis lurus, garis patah-patah, garis lengkung, garis zig-zag, garis sepiral, dan lainya.
  3. Bidang: Merupakan unsur seni rupa yang terbentuk dari pertemuan beberapa garis yang saling terhubung, jenis-jenis bidang diantaranya Bidang Geometris (bidang yang teratur sesuai perhitungan) dan Bidang Non-Geometris (bidang yang bentuknya tidak teratur).
  4. Bentuk: Merupakan unsur seni rupa yang terbentuk karena adanya ruang dan volume, sama seperti bidang bentuk juga dikelompokan menjadi dua yaitu Geometris dan Non-Geometris.
  5. Warna: Merupkan unsur seni rupa yang memberi kesan tertentu pada gambar, Warna dikelompokan menjadi beberapa yaitu
    1. Warna Primer: Adalah warna dasar atau warna pokok terdiri dari tiga warna yaitu Merah, Kuning, dan Biru.
    2. Warna Tersier: Adalah warna campuran dari warna-warna primer misalnya Warna Ungu (campuran dari warna merah dan biru), Warna Oren (campuran dari warna kuning dan merah), dan masih banyak lagi.
    3. Warna Tersier: Adalah warna campuran warna sekunder dengan warna yang berdekatan (Analogis) Contohnya Merah keungu-unguan, Hijau kekuning-kuningan, Biru kemerah-merahan, dan masih banyak lagi.
  6. Tekstur: Merupkan keadaan halus kasarnya permukaan bidang dalam sebuah karya seni rupa tekstur dibedakan menjadi dua yaitu Tekstur Nyata (kedaan gambar sama dengan kenyataan) dan Tekstur Semu (kedaan gambar tidak sesuai dengan kenyataan).
  7. Gelap Terang: Merupakan unsur seni rupa yang dipengaruhi oleh cahaya, dalam menggambar bagian yang terkena cahaya diberi warna terang sedangkan bagian yang tidak terkena cahaya diberi warna gelap.

Macam-macam Seni Rupa

Seni rupa dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya dari Segi Masanya, dari Segi Fungsinya, dan dari Segi Bentuknya, Berikut Penjelasanya.

  1. Seni Rupa dari Segi Masanya
    1. Seni Rupa Traisional: Merupakan seni rupa yang dibuat dengan aturan tertentu tanpa merubah bentuk aslinya atau karya seni yang dipertahankan dari generasi kegenerasi secara turun-temurun.
    2. Seni Rupa Modern: merupakan karya seni yang diciptakan untuk membuat karya yang lebih baru dari karya yang sebelumnya, Kreativitas adalah kunci dari seni rupa modern.
    3. Seni Rupa Kontemporer: Merupakan karya seni yang tercipta dari sebuah pola pikir yang bebas, daya fantasi, dan imajinasi yang dituangkan dalam sebuah karya seni.
  2. Seni Rupa dari Segi Wujudnya
    1. Seni Rupa 2 Dimensi (dwimatra): Merupakan seni rupa yang memiliki dua ukuran panjang dan lebar saja, seni rupa 2 dimensi hanya bisa dilihat dari satu arah, contohnya lukisan, poster, grafiti, dll.
    2. Seni Rupa 3 Dimensi (trimatra): Merupakan seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi, seni rupa 3 dimensi bisa dilihat dari segala arah, contohnya patung, guci, vas, dll.
  3. Seni Rupa dari Segi Fungsinya
    1. Seni Rupa Murni (Fine Art): merupakan karya seni yang diciptakan untuk dinikmati keindahanya saja, contohnya: lukisan, patung, dll.
    2. Seni Rupa Terapan (Applied Art): Merupakan karya seni yang memiliki nilai kegunaan, contohnya Rumah Adat, Topeng, Keris, dll.

Giman apa kalian sudah tahu apa itu seni rupa, unsur, dan macamnya. Untuk selanjunya saya akan membuat tutorail kerajinan seni rupa mau tahu seperti apa? selalu kunjungi moemoy dan temukan tutorialnya.


EmoticonEmoticon