Sabtu, 21 Oktober 2017

Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak Beserta Jenis dan Fungsinya

Artikel | moemoy

kerajian dari bahan lunak

Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak Beserta Jenis dan Fungsinya

Sebelumnya saya pernah membahas pengertian seni rupa beserta unsur dan macamnya nah untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang jenis bahan untuk membuat karya seni. Untuk membuat kerajinan tentunya kita harus menentukan bahan apa yang akan kita gunakan Misalnya kalian akan membuat topeng kira-kira bahan apa yang akan digunakan apakah tanah liat ataukah kayu? keduanya bisa digunakan yang membedakanya yaitu tekstur bahan tersebut tanah liat adalah bahan lunak dan kayu adalah bahan keras. Kali ini saya akan menjelasakan apa itu kerajinan bahan lunak beserta jenis dan manfaatnya, mari simak...


Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak merupakan kerajian yang dalam proses pembuatanya menggunakan bahan yang mudah dibentuk atau bahan yang bersifat lunak.


Jenis Bahan Lunak

Bahan lunak dibedakan menjadi dua jenis yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

  1. Bahan Lunak Alami merupakan bahan yang diolah secara alami tanpa tercampur dengan bahan kimia, Bahan lunak alami mudah didapat karena keberadaanya ada disekitar alam kita, misalnya serat alam, tanah liat dan kulit.
  2. Bahan lunak Buatan merupakan bahan yang proses pengolahannya telah dicampur oleh beberapa bahan kimia, berbeda dengan bahan lunak alami bahan lunak buatan cenderung diperjual belikan di toko-toko misalnya sabun, lilin, plastisin, busa, karet dan lainya.

Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Funsi produk kerajinan dari bahan lunak dibedakan menjadi dua yaitu fungsi secara estetika (benda hias) dan fungsi secara ergonomis (benda pakai).

  1. Kerajian sebagai Benda Hias merupakan kerajian yang lebih mengutamakan nilai estetis dibanding nilai ergonomis, Kerajinan benda hias dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan.
  2. Kerajian sebagai Benda Pakai merupakan kerajian yang diciptakan lebih mengutamakan fungsi atau kegunaanya, Kerajinan benda pakai dibuat untuk memenuhi kebutuhan fungsi sebagai alat, wadah dan pelengkap pakaian.

Demikian penjelasan tentang pengertian kerajian dari bahan lunak beserta jenis dan fungsinya untuk kekuranganya saya mohon maaf, Terimakasih semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu kunjungi moemoy temukan artikel dan tutorial menarik lainya.


EmoticonEmoticon